Mempercantik Ruangan dengan Cat Dekoratif

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

Ingin mengubah tampilan ruangan tapi terkendala biaya? Berkreasilah dengan cat. Tak terlalu sulit dan bisa dikerjakan sendiri, kok .

Dinding polos kadang terlihat tak menarik. Menghiasnya dengan wallpaper bisa jadi langkah cepat mengubah tampilannya. Aneka motif dan warna tersedia di pasaran dan dapat dipilih untuk diaplikasikan. Namun, jika tak cukup dana, langkah ini bisa tertunda.

Langkah lebih murah dapat dilakukan dengan menggunakan cat dinding. Maksimalnya saja penggunaannya. Anda bisa menggolahnya sehingga memiliki efek-efek menarik pada sebuah bidang dinding.

Ada beberapa cara untuk membuat efek tertentu pada dinding, yaitu sponging, ragging, stenciling, dan stamping . Teknik sponging , seperti namanya, menyapukan cat dengan menggunakan spons. Sementara, ragging menggunakan lap atau kain.

Sebelum menghias dinding, tentukan skema warna yang Anda inginkan. Ingat, teknik dekorasi ini memerlukan dua warna cat untuk dasar dan dekorasinya. Warnai dinding dengan cat seperti biasa, biarkan hingga kering.

Misalnya teknik sponging . Setelah cat dasar tersedia (siap), celupkan spons atau lap ke dalam cat yang berwarna lebih muda. Usapkan pada dinding hingga berhasil mendapatkan efek yang Anda inginkan. Kalau dirasa gagal, timpa dengan cat dasar seperti sebelumnya. Biarkan kering, dan gosok ulang dengan spons atau lap.

Bagaimana dengan Stenciling dan stamping ? Keduanya merupakan teknik untuk mencetak motif sehingga dinding tampak seperti dilapisi wallcover .

Buat pola cetakan motif yang Anda inginkan pada kertas yang agak tebal. Letakkan pola tersebut pada dinding dan sapukan cat di atasnya dengan kuas atau spray gun . Buat motif di sepanjang dinding, jaga agar posisinya tidak miring. Dinding pun bagai berlapis wallcover buatan sendiri.

Mudah, bukan? Anda pun pasti lebih bangga karena berhasil menghias dinding sendiri.

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: