Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Mengecat

                                   

Cat bukan hanya pelindung atau pelapis dinding yang memiliki nilai estetis, tetapi juga memberi pengaruh secara signifikan pada perubahan ruangan. Hanya dengan mengecat ulang dinding di suatu area, nuansa dan kesan baru pun tercipta.

Dengan kata lain, cara ini merupakan cara tercepat untuk mengganti suasana. Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan mengganti perabot baru. Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum mengecat. Yang harus dipahami sebelum mengecat ruangan dimulai dari area paling atas. Dalam hal ini, langit-langit pun menjadi prioritas utama untuk dicat, kemudian ke bagian dinding, kayu jendela, dan lain-lain.

Bersihkan permukaan yang akan dicat dengan baik. Keroklah lapisan cat lama yang sudah mengelupas, kemudian beri ampelas untuk menghaluskan. Hal ini akan memberi permukaan cat yang lebih baik setelah kering dan tahan lama. Ukuran kuas harus disesuaikan dengan besar permukaan yang hendak dicat untuk memberi hasil sempurna. Roller sebaiknya digunakan untuk permukaan yang luas, seperti dinding dan langit-langit, agar lebih efisien waktu. Apabila menggunakan lebih dari satu galon cat, campurkanlah seluruh bahan cat sejak proses awal meskipun terdiri dari warna yang sama. Hal ini penting untuk menjaga konsistensi warna.

Untuk memilih warna cat, sesuaikan dengan warna dominan yang terdapat dalam suatu ruangan, seperti pada furnitur, gorden, atau karpet. Pada permukaan yang cukup besar, biasanya warna akan terlihat lebih gelap. Untuk itu, pilihlah cat yang memiliki satu atau dua tingkat lebih terang dari warna yang diinginkan. Meski demikian, tidak bisa dimungkiri gelap tidaknya warna cat juga. bergantung pada intensitas cahaya yang masuk dan pemilihan warna interior lainnya.

Perhitungkan teknik finishing cat, mengilap atau tidak, yang disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Apabila belum mahir dalam menggunakan beragam teknik cat, sebaiknya tidak menggunakan jenis mengilap karena dapat meninggalkan jejak sapuan kuas yang tidak beraturan, sehingga mengganggu nilai estetika ruangan.

Perkirakan kebutuhan bahan cat dengan baik. Perbandingan standarnya adalah setiap 9 meter persegi area membutuhkan 5 kg cat. Pilihlah cat yang berkualitas. Salah satu cirinya yaitu memiliki kandungan enamel, yang berfungsi sebagai lapisan penguat cat, sehingga tidak mudah rontok atau berjamur.

Sumber : Kompas

, , , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: